Padahal melalui tool/layanan gratis dari Google ini kita mampu mengetahui seberapa jauh performa blog kita sebagai materi meningkatkan kinerja blog ke depan.
Apa itu Google Analytics?
Google Analytics merupakan layanan gratis dari Google untuk mengukur performa situs yang kita kelola. Dengan layanan ini, kita mampu memonitor trafik pengunjung, sumber kunjungan, gadget yang digunakan, lokasi pengunjung, dan masih banyak lagi.Google memperlihatkan akomodasi gratis ini bergotong-royong sebagai upaya mereka memiliki data yang banyak untuk keperluan layanan iklan mereka(Google AdWord). Semakin banyak penggunanya, semakin kaya pula data yang dimiliki mesin iklan Google.
Dengan memasang Google Analytic, blog kita juga menjadi lebih dekat dengan Google. Mendaftar dan memasang Google Analytics juga menjadi bab dari meningkatkan secara optimal SEO, khususnya untuk mengindeks blog di hasil pencarian Google.
Cara Daftar dan Memasang Tracking Code Google Analytic di Blog
1. Buka Google Analytics2. Klik Buat Akun di sebelah kanan atas
3. Masukkan alamat email anda
4. Klik Menu Admin (tanda roda gerigi) disebelah kiri
5. Kemudian akan muncul 3 tab, silahkan pilih Tab Properti
6. Silahkan klik tanda panah kebawah dan pilih Buat Properti Baru
7. Pilih Situs Web
8. Kemudian isikan Nama Blog dan alamat URL Blog Anda
9. Pilih Kategori dan Zona Pelaporan
10. Klik Dapatkan ID Pelacakan
11. Copy paste tracking code yang diberikan dan simpan di Notepad. Ada dua kode, yang satu pendek, yang diawali UA-. Satunya lagi isyarat panjang yang diawali <script>.
Sehingga ada dua metode untuk memasang isyarat Google Analytics di Blogger
Metode 1: Lewat Menu Settings
1. Log in ke akun Blogger Anda.
2. Di dashboard, klik tab atau menu Settings > Other.
3. Di bab bawah akan muncul kolom untuk memasukkan isyarat Analytics Web Property ID dan masukkan isyarat ibarat UA-000000-01
4. Klik Save
Metode 2: Lewat Edit HTML
Menambahkan isyarat Google Analytic secara manual di dalam template melalui edit HTML
1. Log in ke akun Blogger
2. Klik Template > Edit HTML
3. Cari isyarat </head>
4. Copy isyarat tracking Google Analytics yang diawali dengan isyarat <script> dan letakkan di atas isyarat < /head>.
5. Klik Save Template
Blog Anda sudah terdaftar di Google Analytic dan data kunjungan blog mampu dilihat dengan cara masuk ke akun Google Analytic.
Mengukur performa blog dengan Google Analytics
Sebetulnya ada banyak sekali informasi yang mampu kita gali dari Google Analytics. Tapi dari banyak sekali poin pengukuran di layanan ini, ada 5 komponen yang mampu jadi pertimbangan untuk menilai performa blog. Periode pemantauan mampu dilakukan pada periode 30 hari atau 1 bulan.1. Audience > Users vs. Sessions
Sessions menunjukkan jumlah kunjungan ke situs, lazim dikenal dengan istilah jumlah visitor. Sementara Users lebih detail lain, merujuk pada jumlah orang yang mengunjungi blog anda (unique visitor).Gambaran mudahnya, jikalau anda memiliki 600 Sessions dan 300 Users, maka artinya rata-rata pengunjung situs mengakses situs sebanyak 2 kali dalam periode tertentu.
2. Audience > Mobile Overview
Hasil pengukuran ini mampu menjadi contoh kita seberapa banyak pengunjung blog yang mengakses lewat perangkat mobile, ibarat smartphone.3. Acquisition > All Traffic > Referrals
Di bab ini anda mampu melihat, apakah kegiatan distribusi konten kita di media umum atau saluran lain cukup efektif atau tidak. Akan muncul sumber yang mudah dikenali ibarat Facebook, LinkedIn, Google+, atau Twitter yang biasanya muncul sebagai t.co.Terkadang juga kita menemukan sumber yang terlihat aneh, ibarat .xyz. Sumber semacam ini mampu kita abaikan saja, alasannya ialah mampu dipastikan hanya upaya pembajakan traffic lewat aktivasi bot.
Pada bab ini juga, kita mampu mengamati kolom Avg. Session Duration secara khusus. Jika durasi yang muncul di bawah 3 detik, mampu diabaikan saja dan fokus pada durasi di atas 10-20 detik.
4. Behavior > Site Content > All Pages
Bagian ini menampilkan informasi wacana laman terpopuler atau yang paling banyak dikunjungi pada blog kita. Menurut saya informasi ini penting untuk diketahui, biar kita mampu mempelajari tipikal laman (atau konten) yang disukai pengunjung blog kita.Selain itu, dengan mengetahui laman terpopuler ini, kita mampu mengoptimalkannya dengan meletakkan ajakan (call to action) untuk bergabung sebagai pelanggan blog lewat metode subscribe, promosi event, dan sebagainya.
5. Conversion > Goals
Mengatur dan mengukur target penting untuk mengukur seberapa efektif pengelolaan situs kita. Caranya pun mudah, kita tinggal menentukan apa target kita terkait acara pengunjung. Apakah jumlah transaksi atau donasi? Partisipasi terhadap situs? Pendaftaran email? Atau engagement, ibarat sebaran ke media sosial?Menentukan target mampu membuat pengelolaan blog yang dilakukan lebih terarah dan memiliki orientasi yang jelas, sehingga kita pun mampu terus menyebarkan kualitas situs berdasarkan data yang diketahui.
Demikian beberapa hal yang penting dicek ketika mengukur performa blog dengan Google Analytics. Melakukannya satu kali atau sesekali tidak cukup, sebaiknya memang memantaunya secara rutin, mampu mingguan atau bulanan.
Hal ini mesti dilakukan secara konsisten untuk menerima pembelajaran maksimal dari data hasil penjaringan Google Analytics. Memang ada banyak menu dan pilihan informasi lain yang tersedia. Tak perlu pribadi berusaha memahami semuanya, lakukan secara bertahap, dengan fokus memahami pembaca kita ketika berselancar di blog yang kita kelola.
Makin baik kita melakukannya, maka makin besar pula peluang kita menjaga minat pembaca dan meningkatkan jumlahnya secara terus menerus.
Demikian cara memasang tracking code Google Analytic ke blog Blogspot dan menggunakan fitur Google Analytics untuk mengukur sejauh mana performa blog kita. Terima kasih dan Selamat Mencoba. Sumber http://www.panduaneka.com/


