Selasa, 07 November 2017

5 Tips Ampuh Meningkatkan Trafik dan Kualitas Blog Anda

Halo teman pembaca dan pengunjung setia blog indravedia.com. Di awal bulan Agustus ini, alhamdulillah balasannya saya bisa menulis postingan lagi, kemarin mulai agak malas-malasan update blognya ^_^.
Oke di artikel kali ini kita akan membahas cara untuk Meningkatkan Trafik dan Kualitas Blog, sehingga blog kita jadi 'disayang' oleh Google. ^_^.

Duh.. penting banget ya bisa disayang Google? Jelas penting. Disayang dalam artian blog kita mendapat perhatian lebih dari si robot Google yang bertugas merayapi dan mengindex setiap halaman blog kita. Yang mana pada balasannya bisa mendongkrak posisi kita di halaman pencarian dan berpotensi menjaring dan mendatangkan pengunjung lebih banyak lagi. Bagaimana caranya? Jelas yang harus kita lakukan ialah berusaha membuat blog kita memiliki kualitas dan trafik yang bagus.

Ini tentu bersahabat kaitannya dengan SEO  (Search Engine Optimization), yakni suatu rangkaian upaya untuk mengoptimalkan blog kita untuk supaya bisa lebih diperhatikan oleh mesin pencari. Lebih lengkapnya pengertian wacana SEO bisa teman baca di sini. Dan di artikel ini pun saya tidak akan menjelaskan panjang lebar wacana hal itu, melainkan apa yang ingin coba saya sampaikan ialah prinsip-prinsip dasar biar blog kita disayang Google.

Hal ini telah saya pelajari dari Pak Yodhia Antariksa, empunya blog strategimanajemen.net. Sebuah blog legendaris yang sudah sangat terkenal di Indonesia. Bahkan sempat dinobatkan sebagai blog bisnis nomor 1 se Indonesia. Kontennya begitu sarat akan pelajaran berharga, sehingga tidak heran setiap artikel yang diposting selalu mendapat serbuan komentar dan share bejibun dari para pengunjung.

Makara rasanya tidak berlebihan kalau saya menjadikan apa yang telah diterapkan pak Yodhia di blognya sebagai dasar / kiblat untuk membuat blog kita supaya memiliki trafik yang cantik dan tentunya disayang oleh mesin pencari, khususnya Google.

Oke, apa saja yang harus teman terapkan pada blog teman biar blognya lebih berkualitas dan disayang oleh Google. Berikut uraiannya.:

1. Template yang bersih dengan latar warna putih

Coba teman cek dan lihat tampilan halaman awal Google dan juga halaman pencarian (SERP). Kita bisa lihat tampilannya begitu bersih / full of white background. Tidak ada warna-warni penghias di sekeliling halamannya. Nah, ibarat itu pula lah yang diinginkan Google terhadap blog kita. Buatlah tampilan blog kita sederhana dan elegan kalau dilihat, make it simple. Selain membuatnya menjadi bersih dan menjadikan visitor lebih fokus ke konten, juga akan meningkatkan kecepatan loading dari blog tersebut. Sehingga pengunjung akan lebih nyaman mengunjungi blog kita.

Baca : Cara Gampang Mengganti Template Blog Blogger

Makara pilihlah template blog yang bersih dan sederhana dengan latar putih. Sekalipun harus ada warna pendukung variasi tampilan, pilihlah yang hanya memuat satu warna. Misal warna biru, hanya pada adegan menu bar. Silahkan coba teman cek blog strategimanajemen.net, templatenya begitu bersih dan enak dipandang. Atau tak usah jauh-jauh lah, lihat saja blog ini.. hihi ^_^

2. Artikel panjang dan detail lebih disukai Google

Dulu banyak orang beranggapan bahwa dengan artikel panjang, akan membuat pengunjung blog menjadi bosan dan lebih cepat meninggalkan sebuah halaman website. Namun di masa informasi ibarat sekarang ini, justru semua ibarat berbalik. Sekarang orang-orang lebih suka membaca artikel yang panjang dan detail untuk menerima informasi yang mereka butuhkan. Mereka rela berlama-lama membaca artikel yang disajikan. Dengan semakin berkembangnya algoritma Google sekarang artikel panjang dengan minimal 2000 kata akan lebih diprioritaskan dan berpeluang besar menempati halaman pertama SERP. Google menyukai artikel berkualitas, yakni yang panjang dan mendetail.

Selain jumlah kata yang panjang minimal 2000 kata, juga akan lebih ciamik kalau ditambahkan dengan satu gambar  dan satu video pendukung untuk memperkuat kesan detail. Sehingga dengan begitu niscaya artikel yang diterbitkan dapat dengan mudah bersaing di halaman perncarian Google.

3. Konten yang Extremely Usefull

Ada istilah yang hingga sekarang masih berlaku "Content is the king", dan itu memang benar adanya. Dalam dunia blogging, konten ialah hal yang harusnya jadi perhatian utama. Banyak blogger pemula (termasuk saya) yang pada awal-awal ngeblog selalu salah fokus. Yakni lebih mementingkan tampilan blog ketimbang kontennya. Ingin sekali memiliki blog yang mentereng dengan hiasan warna warni, sehingga waktu habis cuma untuk sekadar milih-milih template yang cocok dan mengeditnya hingga berjam-jam. Hal yang paling penting yaitu membuat konten malah dilupakan. Ketahuilah pada balasannya sebuah blog akan disebut bagus, tidak lebih alasannya ialah kontennya yang bermanfaat, bukan tampilannya yang mewah dan penuh kerlap-kerlip.

Dengan menyajikan konten yang bermanfaat tentunya akan menyebabkan kesan khusus di pembaca, yang membuat mereka dengan rela hati kembali dan kembali lagi mengunjungi blog kita nantinya.

4. Jadwal posting yang teratur

Sebuah blog dikatakan cantik atau tidak pada balasannya hanya akan mengacu pada konten yang disajikan. Selain kontennya harus bagus, juga harus didukung oleh frekuensi update blog yang teratur. Artinya kita membuat agenda untuk kita mempublikasikan sebuah postingan artikel. Tentunya ini diubahsuaikan dengan kondisi yang kita punya. Misal kita tetapkan agenda update blog sebulan 4 kali, itu artinya dalam satu ahad kita harus terbitkan minimal 1 artikel. Atau kalau ingin lebih banyak bisa seminggu 2 kali atau bahkan mungkin setiap hari kalau mampu.

Seperti yang dilakukan oleh pak Yodhia di blognya, ia menerapkan agenda posting 2 kali seminggu, disebutkan lenkap hari dan waktunya, yaitu tiap hari Senin dan Kamis pagi. Dan hal itu disampaikan di sidebar blognya.

Dengan cara ibarat itu, pak Yodhia mendapat beberapa keuntungan. Pengunjung menjadi aware dan tahu agenda update blognya sehingga besar kemungkinan akan kembali lagi pada hari dan agenda posting yang sudah ditentukan, didukung dengan artikel yang bermanfaat pastinya. Selain itu, dengan menuliskan agenda update blog di sidebar juga bisa dijadikan motivasi untuk kita sebagai admin blog untuk konsisten dan menepati akad untuk menerbitkan artikel pada hari dan jam yang telah dijadwalkan. Akan aib rasanya kalau tidak ada posting gres padahal sudah ditulis jadwalnya.

5. Form Langganan Email untuk menjaring Subscribe pengunjung

Disebut juga dengan istilah Opt in Form, yakni sebuah form isian nama dan email yang biasanya akan muncul dengan sebelumnya diselingi penawaran produk gratis, ibarat ebook. Untuk selanjutnya, ini disebut list building / membangun list email pengunjung. Ini ialah cara elegan untuk menerima database pengunjung. Prinsipnya win-win solution, pengunjung mendapat produk gratis yang ditawarkan dan si empunya blog mendapat list pengunjung. Ini juga seni administrasi yang diterapkan oleh pak Yodhia dalam membangun trafik di blognya. Hampir setengah dari jumlah trafik blog yang diterimanya bersumber dari list email yang dipunyanya.


****
Nah itulah ke lima tips ampuh yang bisa kita coba terapkan di blog yang kita kelola biar bisa meningkatkan trafik dan kualitas blog Dengan memiliki blog berkualitas, tentu akan memudahkan kita untuk memonetisasinya di kemudian hari. Sekian artikel ini, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di artikel berikutnya.


Oh iya, baru-baru ini juga Pak Yodhia Antariksa membuka agenda Kursus Online bernama Edubisnis.net yang menyediakan layanan kursus online terbaik dan terlengkap di Indonesia dalam bidang administrasi bisnis dan internet marketing. Informasi lebih lanjut, silakan klik DI SINI.ya ^_^ Salam

Click to comment