Dalam postingan berikut ini, saya akan memberikan tips dan trik yang sudah terbukti selama bertahun-tahun digunakan oleh para blogger dan internet marketer.
Selanjutnya kalau Anda ingin menulis judul yang menarik dan mudah diingat, sebaiknya gunakan formula judul yang simpel tetapi memiliki daya tarik andal terhadap pengunjung ini.
Judul utama harus dapat meyakinkan pengunjung Anda untuk membaca dan menanggapi konten Anda. Contoh-contoh ini biar dapat menginspirasi Anda untuk menjadi kreatif dalam menulis judul artikel yang sesuai untuk Anda.
Selain membuat artikel berkualitas, pemilihan judul yang bagus akan membuat orang mengklik dan membaca konten Anda, membuat mereka membaca lebih lama, dan membuat mereka menyebarkan bahkan tanpa membaca konten Anda sekalipun.
Judul ialah gerbang utama konten Anda
Meskipun konten Anda bahwasanya cukup berbobot tetapi kalau judul yang Anda buat dianggap kurang menarik oleh pengunjung, mereka 80% akan meninggalkan konten Anda sebelum membacanya.
7 Prinsip Dalam Membuat Judul Artikel yang Menarik Pengunjung
Oke, saya akan mulai dengan tujuh prinsip umum dalam pembuatan judul yang sering dijadikan landasan bagi para copywriter dalam membuat judul konten yang sempurna untuk menarik pembaca :
1. Buatlah yang simpel dan pribadi ke pokok masalah
Buatlah judul yang pribadi mengarah ke inti permasalahan tanpa berusaha terdengar menarik secara berlebihan. Buatlah sesederhana dan jangan bermain dengan kata-kata yang tidak jelas.
To the point! Gunakan kalimat sederhana yang menjelaskan manfaat produk dan layanan yang jelas.
Contoh :
- E-book GRATIS dari X (nama merek)
- Panduan Eksklusif Untuk Bisnis Online
- Jaket Kulit Asli – Diskon 30%
2. Jelas nyatakan apa manfaatnya yang besar
Buatlah judul yang memperlihatkan suatu manfaat bagi pembaca konten Anda. Pembaca ingin memuaskan kebutuhan dan impian tahuan mereka terhadap sesuatu. Penawaran pada judul artikel Anda akan memotivasi mereka untuk mengklik dan membaca.
Judul harus meyakinkan mereka bahwa konten Anda berisi jawabannya. Letakkan manfaat besar yang akan diperoleh di judul utama Anda dan mereka akan membaca konten Anda.
Untuk membuat judul ibarat ini, Anda perlu mengetahui target pengunjung Anda. Hasilnya ialah bahwa meskipun mereka tidak mengunjungi blog Anda, mereka setidaknya telah melihat nilai jual terbaik Anda.
Contoh :
- Cara Cepat dan Mudah Memasak Daging Ayam yang lezat
- Blog yang Akan Meningkatkan Karir Anda
- Buatlah Sendiri Website Kreatif Anda dalam Hitungan Menit
3. Buatlah judul yang membuat pengunjung penasaran
Adalah sifat umum insan untuk penasaran terhadap suatu hal. Bawa gosip menarik bagi pembaca Anda di judul artikel dan ini akan menarik perhatian mereka.
Apa yang Anda tulis di artikel tidak harus menjadi topik baru, tetapi itu bisa menjadi cara gres untuk menyajikan materi yang ada. Tutup konten Anda dengan gambar, video, wawancara, dan lain sebagainya untuk memperjelas bahwa konten Anda ialah hal yang baru.
Hal yang sama juga berlaku ketika menulis artikel untuk produk atau layanan. Anda bisa mengenalkan pilihan produk, penawaran,ataupun diskon. Tulislah judul yang menarik yang menyiratkan gosip kepada pembaca.
Contoh :
- Terakhir, iPhone 7 Dijual di Toko!
- Memperkenalkan Ide Terbaru dalam Pembelajaran Jarak Jauh dari X (nama website)
- Tren SEO Teratas dalam 6 Bulan Terakhir
4. Berikan "how-to" untuk judul artikel
Kebanyakan orang ingin memperbaiki hidup mereka dengan cara tertentu. Anda bisa menulis judul yang berfokus pada kebutuhan dan impian orang dan berjanji untuk memenuhinya.
Pastikan judul yang Anda buat menyoroti manfaat atau hasil akhir.
Jangan memasukkan proses menjadi judul sebab cenderung terdengar ibarat banyak pekerjaan. Targetkan hasil simpulan dan motivasi pembaca.
Contoh :
- Bagaimana Menghasilkan Uang Saat Bekerja dari Rumah Dalam 1 Bulan
- Bagaimana Cara Berhenti Merokok Sekarang dan Jangan Pernah Memulai Lagi
5. Ajukan pertanyaan provokatif
Pertanyaan akan membuat pembaca Anda merasa terlibat dalam problem yang sama. Sebuah pertanyaan di judul harus berafiliasi pribadi isi artikel Anda.
Kalau Anda menjual produk dan layanan, Anda bisa memperlihatkan pertanyaan yang harus dikaitkan dengan manfaat utamanya.
Contoh :
- Apakah Anda Ingin Mengetahui Kesalahan yang Paling Sering Dibuat Seorang Blogger?
- Bos Anda Ingin Bertemu Dengan Anda di Kantornya? Baca Ini!
6. Beritahu pembaca apa yang harus dilakukan
Buatlah judul dengan perintah di dalamnya!
Perintah membuat orang bertanya "mengapa". Kaprikornus Anda harus memerintahkan mereka melaksanakan sesuatu untuk menerima keuntungan.
Contoh :
- Hentikan Pemborosan Uang pada Desain Blog. Buat Blog Anda dalam hitungan menit.
- Berhentilah Memikirkan Desain dan Mulai Menulis Konten Terbaik dalam 30 Hari
- Berlangganan Blog Kami dan Dapatkan Ebook secara Gratis
7. Menawarkan informasi yang berguna
Anda mungkin berpikir bahwa pembaca konten Anda menginginkan informasi yang banyak. Ini tidak sepenuhnya benar.
Mereka menginginkan hasil dan solusi untuk problem mereka. Berikan panduan, tips, trik, langkah, petunjuk, dan aturan yang mengarah pada hasil dan solusi. Sesuatu yang akan membantu pembaca mencapai apa yang mereka cari.
Pembaca akan menghargai kalau Anda memperlihatkan informasi yang memiliki kegunaan di judul artikel dan Anda bisa memberikannya dalam konten yang Anda buat.
Contoh :
- 10 Langkah Paling Penting untuk Hidup Lebih Sehat
- Rahasia Memasak Daging Terbaik
- Cara untuk Mengakhiri Masalah Keuangan Anda untuk Selamanya.
9 Rumus untuk Membuat Judul Menonjol dan Diklik Banyak Pengunjung
Sebagai materi referensi Anda dalam menyusun judul artikel, saya akan menunjukkan kepada Anda 9 rumus sederhana untuk membuat judul yang bisa menarik pembaca
Apa yang membuat judul menjadi informatif dan menarik bagi pengunjung untuk diklik, dibaca dan dibagikan? Ada rumus yang bisa Anda jadikan patokan.
Berikut ialah 9 formula yang akan membantu Anda membuat judul artikel yang menarik untuk konten yang Anda buat sehingga orang memperhatikan, membaca lebih banyak, dan mau membagikan konten Anda.
1. Siapa lagi yang ingin [sesuatu]?
Membuat judul dengan kalimat "siapa lagi yang ingin" menunjukkan bahwa pengunjung sudah menginginkan sesuatu.
Contoh :
- Siapa lagi yang ingin bekerja lebih sedikit dan dibayar lebih banyak?
- Siapa lagi yang menginginkan pelatihan pemasaran media umum gratis?
- Siapa lagi yang ingin bekerja dari rumah dan menerima $ 500 per hari?
2. Rahasia dari sesuatu
Rumus utama lainnya ialah memainkan rasa ingin tahu pengunjung. Siapa yang tidak ingin tahu rahasianya?
Pembaca menganggap bahwa mereka menerima kanal ke informasi dari narasumber yang terpercaya dan ini akan membuat konten Anda menjadi rujukan.
Contoh :
- Rahasia menerima uang lewat ngeblog dari 10 Blogger paling sukses di Indonesia
- Rahasia pengelolaan waktu yang efektif
- 10 Rahasia menjadi rangking 1 di mesin pencari
3. Bagaimana [seseorang] [melakukan sesuatu]
Buat pembaca mengenali diri mereka sendiri dengan mengganti [seseorang] dengan target pembaca Anda. Pastikan [sesuatu] ialah keuntungan yang ingin mereka capai.
Contoh :
- Inilah cara seorang internet marketer menerima uang dari media sosial
- Begini cara wanita bisa terlihat lebih muda
- Inilah cara Anda bisa menerima lebih banyak uang dari bisnis online.
4. Sedikit metode yang diketahui [untuk melaksanakan sesuatu]
Mirip dengan rumus "rahasia" dan "bagaimana" tapi rumus ini berdasarkan gagasan bahwa kalau sedikit tahu maka Anda mungkin menerima keuntungan atas orang-orang yang tidak tahu.
Contoh :
- 8 metode yang kurang diketahui banyak orang untuk menghindari stres
- 5 cara sederhana yang belum tentu diketahui para wanita untuk membahagiakan suami
5. Solusi cepat (atau cara) untuk [sesuatu]
Kebanyakan orang menginginkan sesuatu yang cepat, maka judul dan konten yang menjanjikan hasil cepat akan mendapat perhatian pembaca.
Contoh :
- 5 cara cepat untuk memperbaiki peringkat blog Anda di mesin pencari
- Solusi cepat untuk problem keuangan Anda
- 10 metode cepat untuk menyingkirkan komentar spam
6. Sekarang kau bisa memiliki [hal baik] dan [hal baik lainnya]
Ini ialah penggabungan dua hal baik yang sebelumnya tidak mungkin bersama dijadikan satu
Contoh :
- Sekarang Anda bisa memiliki iOS Mac dan menggunakan Chrome
- Sekarang Anda bisa makan lebih banyak dan menurunkan berat badan
7. Bagaimana melaksanakan [sesuatu] ibarat [contoh terbaik]
Identifikasi apa yang diinginkan pembaca target Anda dan kombinasikan itu dengan rujukan terbaik.
Contoh :
- Cara ngeblog ibarat Linda Ikeji
- Cara mendominasi pasar ibarat Microsoft
- Cara bernyanyi ibarat Robbie Williams
8. Yang perlu Anda ketahui wacana [sesuatu]
Judul ini menyiratkan sesuatu yang membuat pengunjung penasaran.
Contoh :
- Yang perlu Anda ketahui wacana Facebook Ads
- Semua yang perlu Anda ketahui wacana menerima uang dari internet
- Semua Ini perlu Anda ketahui kalau ingin menulis judul artikel yang menarik
9. Berikan daftar [sesuatu]
Orang menyukai daftar! Daftar mudah dibaca dan dipahami. Daftar hal terbaik akan bekerja ibarat magnet kalau Anda tahu apa yang diminati pengunjung Anda. Biasanya daftar dibuat dengan menyertakan angka dalam judul
Angka bukan hanya bermanfaat untuk judul.
Ada jenis artikel yang bergantung penuh terhadap angka, artikel dalam bentuk list/daftar. Istilahnya ‘listicle’
Listicle merupakan salah satu jenis artikel terpopuler dibandingkan yang lainnya.
Contoh :
- 10 Blogger Sukses Ini Wajib Anda Kunjungi Blognya
- 22 Contoh Inspiratif dari Desain Halaman Facebook
- 5 Video Youtube Paling Banyak Subscribe
10. Tambahkan orang kedua tunggal
Buatlah semua judul dan konten menjadi lebih baik lagi dengan mengakibatkan judul dan konten tersebut bersifat pribadi dengan hanya menambahkan satu kata kecil - Anda.
Penutup
Formula di atas memiliki hampir semua syarat yang diperlukan untuk membuat sebuah judul yang efektif – sebab itu, banyak pakar copywriting yang telah membahas atau menyebutkannya dalam goresan pena mereka.
Ada 5 komponen yang terdapat dalam formula tersebut, yaitu:
- Angka = sebagai penunjuk list/daftar dari sesuatu
- Alasan (Dasar) – kata-kata yang memberikan nilai, contohnya: tips, cara, rahasia, bagaimana.
- Kata Kunci – kata / kalimat yang menjelaskan topik dari artikel
- Kata Sifat (Keterangan) – contohnya: terbaru, terbaik, cantik, paling populer
- Janji – hasil yang akan didapatkan oleh pembaca setelah membaca konten
Anda punya formula lain untuk membuat judul artikel blog lebih menarik ? Silahkan informasikan di kolom komentar yang tersedia dibawah. Semoga bermanfaat, terima kasih. Sumber http://www.panduaneka.com/