Minggu, 19 November 2017

5 Tips Memulai Bisnis Kuliner Mancanegara Beromset Ratusan Juta Setiap Bulannya

Siapa yang tidak kenal dengan KFC atau Mc Donald, dua waralaba makanan ajaib yang begitu populer di Indonesia, bahkan sudah diangap layaknya makanan sehari-hari bagi sebagian masyarakat kita. Memang waralaba bisnis masakan mancanegara di Indonesia hingga ketika ini masih didominasi oleh para pewaralaba asing.

Baru segelintir pewaralaba lokal yang bisa bersaing diantara pewaralaba ajaib salah satunya, Kebab Baba Rafi.

Anda mungkin tidak ajaib dengan waralaba masakan khas Timur Tengah ini bukan ?

Ya, bisnis Kebab, salah satu makanan khas Turki yang dirintis oleh Mas Hendi, seorang pengusaha asal Surabaya ini telah bisa membuka banyak sekali cabang di seluruh Indonesia dan di beberapa negara, menyerupai Malaysia, Singapura dan Arab Saudi.

Memang diantara beberapa bidang bisnis yang ada, bisnis masakan yaitu salah satu jenis usaha yang menjanjikan margin profit yang besar dan imbal balik modal yang cepat bila dikelola dengan baik. Dan salah satu jenis bisnis masakan yang lagi menjamur yaitu usaha masakan makanan asing.

Zaman sekarang siapa yang tidak kenal dengan makanan menyerupai Spaghetti atau Pizza, dua makanan khas asal Italia. Atau mungkin anda juga termasuk penyuka makanan khas asal Jepang menyerupai Teriyaki dan Sushi.

Saat ini untuk menikmati aneka masakan mancanegara sangatlah mudah sekali. Di sudut-sudut kota banyak gerai-gerai makanan maupun restoran yang menyajikan aneka makanan ajaib tersebut.

Salah satu hal yang membuat makanan mancanegara sangat digemari di samping terkenal akan kelezatannya juga dalam penyajiannya dikemas sangat menarik.

Makanan luar negeri biasanya memiliki segmen penikmat tersendiri. Di samping memiliki penggemar sendiri dari negeri asalnya juga tidak sedikit dari warga lokal yang sangat menyukai makanan ini sehingga apabila bisnis masakan ajaib ini digeluti memiliki prospek yang potensial untuk dikembangkan.

Siapa yang tidak kenal dengan KFC atau Mc Donald 5 Tips Memulai Bisnis Kuliner Mancanegara Beromset Ratusan Juta Setiap Bulannya

Tips menjalankan bisnis masakan yang berprospek cerah


Dampak dari manisnya bisnis masakan ala makanan ajaib ini membuat persaingan semakin ketat. Anda yang mau terjun di bisnis ini tidak hanya dituntut untuk bersaing dengan para pengusaha lokal tetapi juga para pengusaha ajaib terjun di bisnis ini.


Untuk bisa menjalankan bisnis masakan khas luar negeri ini semoga kedepan bisa memenangkan persaingan pasar kuliner, saya ada beberapa tips yang semoga bisa membantu persiapan anda sebelum benar-benar terjun ke bisnis ini :

1. Tentukan pilihan masakan apa yang akan anda jalankan


Langkah awal yang harus anda lakukan dalam membangun bisnis makanan mancanegara  adalah menentukan jenis kulinernya.

Ada begitu banyak pilihan masakan mancanegara yang bisa anda pilih. Apakah anda ingin terjun ke bisnis masakan khas Timur Tengah, Eropa atau Asia ? semua makanan memiliki keistimewaan dan keunikan rasa masing-masing.

Ada dua pertimbangan yang bisa anda jadikan pegangan dalam memilih jenis makanan ajaib yang akan anda jalankan.

Skill anda

Kalau anda punya skill atau ketrampilan dalam mengolah salah satu masakan asing, misalnya anda hebat membuat pizza, anda bisa mencoba membuat resto makanan khas Italia tersebut.

Dengan memiliki keahlian, akan mempermudah pekerjaan anda dalam menyajikan masakan yang istimewa bagi konsumen.

Target market anda

Anda bisa melihat target potensial yang ada disekitar anda. Misalnya di lingkungan anda ternyata banyak ekspatriat dari Eropa anda bisa mencoba membuka resto atau gerai Pizza.

Kalau anda sudah melihat potensi dari target market anda tetapi ternyata tidak punya keahlian, anda bisa berhubungan dengan orang yang punya keahlian di bidang tersebut atau anda bisa mempekerjakan seseorang.

Anda juga bisa melihat acuan dari banyak sekali sumber mengenai seluk beluk jenis dan peluang pasar dari masing-masing masakan mancanegara tersebut, menyerupai banyak sekali varian dari masakan yang anda pilih.

Contohnya, ternyata pizza dan spaghetti itu di Italia memiliki aneka varian menu, begitu juga dengan Sushi dari Jepang.

Jika memutuskan untuk memilih salah satu jenis masakan ajaib tersebut, pastikan anda betul-betul mengetahui resep dari makanan yang akan disajikan dan coba meminta testimoni dari rekan-rekan anda mengenai masakan anda.

2. Menentukan target pembeli


Seperti yang saya singgung di atas, anda harus menentukan target calon konsumen anda.

Karena bisnis anda yaitu masakan mancanegara tentunya sasaran utamanya yaitu para ekspatriat atau warga negara ajaib yang tinggal di Indonesia.

Lama berada di negeri orang tentunya membuat mereka rindu makanan di negeri asalnya.

Para ekpatriat kebanyakan tidak segan-segan untuk mengeluarkan uang yang banyak hanya untuk menikmati makanan yang sesuai dengan selera mereka dan tidak jarang memberi lebih apabila makanan yang mereka santap memenuhi standar citarasa mereka.

Oleh alasannya itu kalau anda berniat serius terjun di bisnis ini buatlah makanan yang sesuai dengan standar di negara asal makanan tersebut.

Mulai dari pemilihan materi baku hingga tahap penyajian semuanya harus memenuhi standar sesuai yang biasanya ada di negara asal para ekspatriat konsumen anda. Terlebih kalau anda bisa menunjukkan pelayanan ekstra, mereka akan loyal dengan masakan anda.

Kalau punya budget lebih anda bisa mendatangkan Chef atau hebat masakan dari negara asalnya semoga citarasa dan penyajiannya sesuai dengan asal masakan tersebut.

Disamping itu dengan eksistensi chef yang didatangkan eksklusif dari negara asal masakan tersebut akan membuat para ekspatriat konsumen anda lebih yakin dan percaya dengan keseriusan bisnis masakan anda.

3. Jangan asal pilih lokasi


Dalam bisnis restoran maupun gerai makanan, pemilihan lokasi yang strategis yaitu kunci untuk menjaring konsumen sebanyak mungkin.

Karena target konsumen anda yaitu para ekspatriat maka pilihlah lokasi dimana banyak ekspatriat calon konsumen anda berada.

Pilihlah lokasi yang akrab dengan perumahan dimana para ekspatriat tinggal atau kantor-kantor dimana mereka bekerja.

Para ekspatriat cenderung menyukai sesuatu yang simpel sehingga mereka tidak terlalu suka untuk menghabiskan waktu di perjalanan hanya untuk mencari makanan kesukaan mereka.

Kesibukan kerja dan waktu yang terbatas menjadi alasan para ekspatriat enggan bepergian jauh. Pemilihan lokasi ini harus anda pertimbangkan sebelum membuka gerai.

Kalau ternyata anda tidak menemukan lokasi yang akrab dengan perumahan atau kantor para ekspatriat itu berada, anda bisa mencari lokasi dimana para ekspatriat itu sering berkumpul.

Kalaupun anda tidak juga menemukan lokasi dimana para ekspatriat itu berkumpul, anda bisa memilih lokasi yang mudah untuk dijangkau transportasi ataupun di sentra keramaian atau akomodasi umum menyerupai sentra perbelanjaan, bandara ataupun mall.

4. Perhatikan desain gerai anda


Usahakan desain gerai anda mencerminkan budaya khas asal masakan yang anda sajikan. Misalnya gerai atau resto anda menyajikan burger atau hotdog, anda bisa mendesain gerai anda dengan sentuhan western.

Sehingga dibutuhkan para ekspatriat konsumen anda akan terbawa suasana menyerupai seakan-akan berada di negara mereka.

Satu hal lagi, jaga kebersihan resto atau gerai anda, sekali anda jorok, maka para konsumen akan pergi meninggalkan anda.

5. Berilah inovasi pada masakan anda


Dengan melaksanakan inovasi pada masakan dibutuhkan dapat mengurangi kebosanan konsumen dengan produk masakan yang anda tawarkan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan yaitu dengan mengkombinasikan masakan ajaib tersebut dengan masakan lokal.

Hal tersebut akan menunjukkan alternatif menu gres bagi para konsumen semoga tidak cepat bosan. Selain itu, dengan adanya citarasa masakan lokal membuka peluang bagi anda untuk menggaet konsumen gres dari kalangan masyarakat lokal yang lebih banyak.

Demikian sedikit tips bagaimana mulai membuka bisnis masakan mancanegara, semoga bisa menjadi panduan anda sebelum terjun dalam bisnis tersebut.


Sumber http://www.panduaneka.com/

Click to comment